Headlines News :
Home » » Surat Pengumuman Uskup Keuskupan Sibolga

Surat Pengumuman Uskup Keuskupan Sibolga

Written By Keuskupan Sibolga on Selasa, 18 November 2008 | 21.11

SURAT PENGUMUMAN USKUP KEUSKUPAN SIBOLGA
Mgr. Dr. Ludovicus Simanullang, OFM Cap
kepada Para Imam dan Diakon, Biarawan dan Biarawati
dan Segenap Umat Beriman di Keuskupan Sibolga
Tentang Sinode Keuskupan Sibolga
No: 095/KS-Pa/2008
Salam damai Kristus,
Penetapan Prefektur Apostolik Sibolga tanggal 17 Nopember 1959, adalah sebuah pengakuan akan keberadaannya sebagai Gereja partikular dan dengan demikian dipisahkan dari Vikariat Apostolik Medan pada waktu itu. Pada tanggal 18 Nopember 1980 ditingkatkan menjadi Keuskupan Sibolga. Maka pada tanggal 17 Nopember 2009 genap berusia 50 tahun sebagai Gereja partikular. Ini adalah tahun jubileum yang dipandang penting untuk dirayakan secara khusus, dan menjadi kesempatan baik untuk merefleksikan perziarahan kita selama ini.
Dalam Surat Pastoral ke-2, yang diterbitkan pada Hari Raya Maria Diangkat ke Surga, 15 Agustus 2008 yang lalu, dalam rangka menyongsong perayaan Jubileum 50 Tahun Prefektur Apostolik/Keuskupan Sibolga tersebut, saya menginformasikan bahwa salah satu kegiatan yang sangat penting dalam perayaan tersebut adalah mengadakan Sinode Keuskupan Sibolga. Sinode keuskupan adalah himpunan imam-imam dan orang-orang beriman kristiani yang terpilih dari Gereja partikular, untuk membantu Uskup diosesan demi kesejahteraan seluruh komunitas diosesan (KHK kan 469). Ini merupakan kesempatan yang baik untuk melihat dan merefleksikan kembali seluruh kehidupan Gereja di keuskupan kita ini dalam keunggulan dan kelemahannya serta dalam kontribusinya untuk membangun kesejahteraan umum. Setelah itu kita harus berani mengambil satu tekad yang menjadi arah pastoral yang jelas bagi Keuskupan Sibolga dan menjadi derap langkah semua pihak di keuskupan ini.
Maka saya, Uskup Keuskupan Sibolga, mengumumkan secara resmi kepada para imam dan diakon, biarawan dan biarawati dan segenap umat beriman di Keuskupan Sibolga bahwa Sinode Keuskupan Sibolga yang pertama sejak masa pelayanan saya sebagai Uskup Keuskupan Sibolga akan diadakan pada tanggal 12-16 Nopember 2009 di PBI St. Antonius Mela, Sibolga. Dalam kesatuan dengan perayaan ¡Jubileum 50 Tahun Prefektur Apostolik/Keuskupan Sibolga¢, kita mengambil tema: Jadilah Saksi Kristus; dan subtema: Melalui Jubileum 50 Tahun Prefektur Apostolik/Keuskupan Sibolga, Marilah Kita Membangun Gereja yang Mandiri dan Solider.
Kami mengimbau para imam, diakon, biarawan-biarawati dan segenap umat beriman di Keuskupan Sibolga, agar berdoa bagi keberlangsungan dan kesuksesan sinode ini, dan agar terlibat mengikuti segala kegiatan dan proses dalam perencanaan dan pelaksanaan sinode ini sesuai dengan apa yang diminta oleh panitia.
Doa kami dan berkat Allah menyertai Saudara-saudari sekalian.
Dikeluarkan di: Gunungsitoli
Pada tanggal: 18 Nopember 2008
Perayaan Pembukaan Jubileum 50 Tahun
Prefektur Apsotolik/Keuskupan Sibolga,
(Mgr. Dr. Ludovicus Simanullang, OFM Cap.)
Uskup Keuskupan Sibolga
Tembusan:
  1. Ketua Konferensi Waligereja Indonesia
  2. Uskup Agung Medan
  3. Uskup Padang
  4. Pertinggal
Share this article :

0 komentar:

Tulis Komentar Anda

Gunakan Account Gmail untuk menuliskan komentar anda!

 
Dikelola Oleh : Biro KOMSOS
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2009. Keuskupan Sibolga - All Rights Reserved
Keuskupan Sibolga | Membangun Gereja Mandiri, Solider dan Membebaskan.