Headlines News :
Home » » Krisma di St Fransiskus

Krisma di St Fransiskus

Written By Keuskupan Sibolga on Minggu, 11 September 2011 | 17.55

Dua minggu sebelum pesta St Fransiskus Asisi, Umat Paroki Laverna yang mempunyai pelindung St Fransiskus Asisi sudah memulai pesta kegembiraan mereka. Minggu, (20/9/2009) umat paroki ini dengan penuh persaudaraan dan kebersamaan merayakan iman mereka dengan penuh sukacita dalam perayaan ekaristi yang dipimpin oleh Mgr Ludovicus Simanullang.

Kunjungan bapak uskup ke paroki St Fransiskus Asisi sekaligus menjawab kerinduan umat dan putera-puteri Gereja yang rindu menjadi saksi Kristus di dunia. Pada kunjungan yang bertepatan dengan hari libur sekolah itu, bapak uskup berkenan menerimakan sakramen krisma kepada 62 orang perserta krisma. Dari ke-62 peserta itu, sebagian besar terdiri dari anak-anak usia sekolah tingkat menengah atas sebagian lagi peserta berusia tua.


Kepada para peserta krisma bapak uskup menekankan kembali makna penerimaan krisma. Menurut bapak uskup, orang yang menerima krisma adalah mereka yang siap menjadi saksi Kristus di dunia. Lebih jauh, bapak uskup menekankan bahwa Roh kudus yang hadir dalam penerimaan krisma adalah daya roh ilahi yang membaharui dunia. ”Daya ilahi yang membaharui menjadikan seseorang dewasa untuk menjadi saksi Kristus, oleh karena itu jangan takut menjadi saksi Kristus” bapak uskup mengajak peserta krisma.

Diakui oleh bapak uskup bahwa dunia yang menjadi tempat bersaksi adalah dunia yang terus berubah. ”Untuk hidup menjadi orang benar dalam dunia yang berubah itu dibutuhkan sikap yang tepat” ujar bapak uskup. Sikap yang tepat itu menurut Mgr Ludo adalah setia pada iman dan setia pada nilai-nilai injili. ”Pegangan hanya satu, Tuhan sendiri” bapak uskup meyakinkan peserta krisma.

Usai peneriman krisma, peserta krisma dan orang tua mereka serta biarawan/wati dan tokoh-tokoh umat mengadakan ramah tamah di Aula Yakobus Laverna. Aula Yakobus Laverna adalah aula paroki St Fransiskus Asisi yang dibangun atas bantuan dana dari KOMPAS. Aula yang dilengkapi dengan dapur dan ruang inap untuk 60 orang peserta belum selesai, namun demikian sudah bisa difungsikan.

Dalam acar ramah tamah, Pastor Romanus Daeli, OFM Cap pastor paroki St Fransiskus Asisi mengajak umatnya semakin mendekatkan diri dengan Tuhan khususnya dalam perayaan ekaristi. Pastor yang juga direktur Ruper Laverna ini mengaku bahwa paroki St Fransiskus Asisi adalah paroki yang sebagian besarnya umatnya adalah para anak sekolah. Maka jika libur sekolah tiba, dan umat tidak datang misa maka Gereja akan kelihatan sepi. Oleh karena itulah pastor Romanus menghimbau umat agar semakin rajin mengikuti perayaan ekaristi. Semoga. [p3m]
Share this article :

0 komentar:

Tulis Komentar Anda

Gunakan Account Gmail untuk menuliskan komentar anda!

 
Dikelola Oleh : Biro KOMSOS
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2009. Keuskupan Sibolga - All Rights Reserved
Keuskupan Sibolga | Membangun Gereja Mandiri, Solider dan Membebaskan.