Headlines News :
Home » » Evaluasi Kegiatan Pastoral Keuskupan Sibolga Tahun 2012

Evaluasi Kegiatan Pastoral Keuskupan Sibolga Tahun 2012

Written By Admin on Jumat, 23 November 2012 | 16.06

Pst. Dominikus Doni Ola, Pr., sedang memaparkan perkembangan
pelaksanaan kegiatan pastoral tahun 2012
Evaluasi dan Perencanaan Tahunan (EVAPERTA) untuk kegiatan pastoral Keuskupan Sibolga Tahun 2012, dilaksanakan di  Ruper St. Leopoldo Gunungsitoli. Pertemuan yang berlangsung selama empat hari ini (20-23/11/12), dihadiri oleh Bapak Uskup, Direktur Puspas, Staf Puspas, Komisi, Biro, Lembaga, para pastor Dekanat Tapanuli dan Nias, serta para petugas pastoral. Peserta pertemuan ini sebanyak 80 orang.

Evaluasi ini dibuka dengan Adorasi Sakramen Mahakudus yang dipimpin oleh P. Hadrian Hess, OFMCap. Setelah itu dilanjutkan dengan laporan singkat perkembangan program kerja pastoral tahun 2012 yang disampaikan oleh P. Dominikus Doni Ola, Pr., di hadapan para peserta evaluasi. Dalam laporannya Direktur Puspas ini memaparkan bahwa berdasarkan hasil evaluasi masing-masing paroki, nampak bahwa pencapaian program kegiatan pastoral di Keuskupan Sibolga untuk tahun ini (Januari s.d Oktober 2012) mencapai 62, 8 %. Persentase ini masih akan naik sebab kegiatan pastoral untuk November dan Desember masih sedang dilaksanakan di masing-masing paroki.

Dalam kata sambutannya Bapak Uskup, Mgr. Ludovicus Simanullang, OFMCap., menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh petugas pastoral yang telah berusaha menjalankan karya pastoral di komunitasnya masing-masing sesuai dengan cita-cita kita bersama dalam mengimplementasikan hasil Sinode Keuskupan Sibolga yakni menuju Gereja Mandiri, Solider, dan Membebaskan.

Kita pantas bersyukur bahwa ada perkembangan yang cukup signifikan dalam diri umat sekarang ini. umat semakin menyadari diri sebagai anggota Gereja: dalam beriman, dalam bersikap, dalam hidup sebagai umat beriman. Salah satu indikator adalah makin meningkatnya partisipasi umat beriman dalam kegiatan pastoral", kata Bapak Uskup mengapresiasi usaha para petugas pastoral selama satu tahun ini.

Pimpinan Gereja Keuskupan Sibolga ini juga mengingatkan para peserta evaluasi agar petugas pastoral tidak hanya berhenti pada perhitungan angka pencapaian progam kerja pastoral tetapi perlu melihat lebih dalam lagi, sejauh mana perkembangan progam ini dapat menjawab kebutuhan umat serta berbuah dalam kehidupan umat beriman. Bapak Uskup berharap dalam menjalankan program kerja 2013, hendaknya selalu dikaitakan dalam perayaan Tahun Iman yang telah menjadi program kerja pastoral Keuskupan Sibolga pada tahun 2013.

Setelah acara pembukaan evaluasi dilanjutkan dengan evaluasi bersama yang di pandu oleh Direktur Puspas (P. Dominikus Doni Ola, Pr.,) dan Ibu Elvina Simanjutak. Proses pelaksanaan evaluasi ini berjalan dengan baik. Para peserta terlihat serius mengikuti seluruh agenda pertemuan dari awal sampai akhir.

Faustinus Zalukhu, salah seorang Pengurus Harian Puspas, menyampaikan kesannya bahwa evaluasi akhir tahun dalam Panpas Gabungan saat ini cukup baik dan mengalami perkembangan dari tahun sebelumnya. Para petugas pastoral semakin paham tentang cara kerja pastoral yang sedang dijalankan di keuskupan pada saat ini.

Secara resmi evaluasi akhir ini di tutup oleh Mgr. Ludovikus Simanullang, OFMCap pada hari Jumat (23/11/2012). Pada kesempatan ini, Bapak Uskup menyampaikan harapan agar para petugas pastoral semakin bersemangat menjalankan karya pastoral di komunitas masing-masing. Pengabdian ini berguna untuk hidup umat beriman dan untuk Tuhan. [Destin Ricardo Lase]
Share this article :

0 komentar:

Tulis Komentar Anda

Gunakan Account Gmail untuk menuliskan komentar anda!

 
Dikelola Oleh : Biro KOMSOS
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2009. Keuskupan Sibolga - All Rights Reserved
Keuskupan Sibolga | Membangun Gereja Mandiri, Solider dan Membebaskan.