Headlines News :
Home » » Menumbuhkan Kesadaran Politik

Menumbuhkan Kesadaran Politik

Written By Admin on Kamis, 24 Januari 2013 | 23.13

Kegiatan Seminar Penyadaran Politik Warga
diselenggarakan di aula SD RK Sibolga, 24/1/2013
Seminar Penyadaran Politik Warga yang diselenggarakan pada hari ini (24/1/13) oleh Paroki St. Theresia Lisieux Sibolga dan Paroki St. Yosef Pandan di aula SD RK Sibolga, disambut dengan antusias oleh tokoh umat, politikus katolik, kelompok kategorial se-Dekanat Tapanuli. Kegiatan Penyadaran Politik seperti ini baru pertama kali diselenggarakan di Dekanat Tapanuli dan diharapkan bahwa seminar ini menjadi langkah awal untuk mempertemukan tokoh-tokoh umat dan para politisi katolik Dekanat Tapanuli dalam pertemuan-pertemuan selanjutnya.

Pada Ibadat Pembukaan seminar ini, RD. Samuel Gulö mengungkapkan dalam homilinya bahwa politik itu pada hakekatnya baik dan mulia sebab tujuan utamanya ialah mengupayakan kebaikan bagi seluruh warga masyarakat (Bonum Communae). Karena itu ia menghimbau agar anggapan bahwa politik itu kotor hendaknya disingkirkan. Umat katolik, berdasarkan baptisan, dipanggil dan diutus untuk mewartakan imannya di dalam dunia. Dalam konteks inilah politik mesti dipandang sebagai salah satu cara untuk mewartakan iman yakni dengan ikut serta dalam memperjuangkan kesejahteraan umat manusia.

Seminar ini menghadirkan enam orang pembicara, di antaranya: RP. Thomas Maduwu OFMCap (Ketua Biro Kerawam Keuskupan Sibolga), Oloan Simbolon ST (anggota DPRD Propinsi Sumatera Utara) Vincensius Sihombing, dan Ir. Barnabas Y. Hura (Ketua Paguyuban St. Martha - Jakarta).

Pada sesi diskusi, beberapa peserta seminar mengungkapkan bahwa ormas-ormas katolik seperti Pemuda Katolik, WKRI, PMKRI, ISKA masih belum menampakkan pengaruh yang signifikan di dalam masyarakat dewasa ini. Diharapkan bahwa melalui ormas-ormas ini, visi dan misi Gereja untuk memperjuangkan kesejahteraan masyarakat dapat diimplementasikan. Dalam konteks inilah ormas-ormas katolik itu disebut sebagai ujung tombak Gereja dalam memperjuangkan bonum communae. Perjuangan terhadap bonum communae tersebut tidak mesti dilakukan dengan menonjolkan atribut gerejani, melainkan dengan berbagai pendekatan sesuai kebiasaan dan kebutuhan setempat.

Kegiatan penyadaran politik seperti ini dirasa sungguh bermanfaat. Karena itu diharapkan agar Biro Kerawam Keuskupan Sibolga melakukan animasi agar kegiatan semacam ini dapat dilaksanakan secara teratur di masa yang akan datang. [wks/02/sbg]
Share this article :

0 komentar:

Tulis Komentar Anda

Gunakan Account Gmail untuk menuliskan komentar anda!

 
Dikelola Oleh : Biro KOMSOS
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2009. Keuskupan Sibolga - All Rights Reserved
Keuskupan Sibolga | Membangun Gereja Mandiri, Solider dan Membebaskan.