Headlines News :
Home » » Prosesi Tiga Raja di Stasi Santa Maria Ratu Surga

Prosesi Tiga Raja di Stasi Santa Maria Ratu Surga

Written By Admin on Minggu, 06 Januari 2013 | 12.50

Sekami Stasi St. Maria Ratu pada kegiatan Prosesi Tiga Raja
Minggu (6/1/2013), Hari Raya Penampakan Tuhan atau epifania, bertepatan dengan hari anak misioner se-dunia, anak-anak Sekami Stasi Santa Maria Ratu Surga Tögizita - Paroki Nias Tengah mengadakan prosesi tiga raja. Mereka terdiri dari tiga kelompok: satu kelompok ke lingkungan Santa Theresia, satu kelompok ke lingkungan Santo Yosef dan satu kelompok lagi ke lingkungan Santo Fransiskus. Anak-anak yang berkunjung ke lingkungan Santa Theresia, setelah perayaan liturgi, mereka berkumpul di depan gereja sekaligus memperagakan sejenak apa yang sudah dilatih selama ini.

Dengan menyanyikan lagu-lagu dan menyuarakan yel-yel Sekami, mereka melangkahkan kaki ke setiap rumah umat. Di halaman rumah, mereka menyanyikan lagu “Gloria” dan dua orang anak menari-nari dengan kostum putih seperti malaikat. Setelah dipersilahkan masuk oleh pemilik rumah, satu persatu memperkenalkan diri; ada yang berperan sebagai Baltasar, Melkior dan Kaspar; tiga orang majus dari Timur sesuai dengan tokoh dalam bacaan Injil hari ini. Seorang anak mengajak berdoa seluruh penghuni rumah dan seorang lain menulis 20+C+M+B+13 di pintu rumah; (C=Christus, M=Mansionem, B=Benedicat; artinya semoga Kristus memberkati kediaman ini sepanjang tahun 2013). Kemudian, anak-anak Sekami ini pun mohon pamit dan mengunjungi rumah yang lain.

Melalui konfirmasi dengan Gabriella Yerlina Bu’ulölö salah seorang pendamping Sekami, prosesi ini berjalan dengan baik karena sudah disiapkan sebelumnya. Umat juga antusias menyambut anak-anak terbukti dari kerelaan mereka memberi derma dengan hati yang tulus. Derma yang terkumpul nantinya akan disumbangkan kepada anak-anak terlantar. [Bonifasius Ndruru]
Share this article :

0 komentar:

Tulis Komentar Anda

Gunakan Account Gmail untuk menuliskan komentar anda!

 
Dikelola Oleh : Biro KOMSOS
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2009. Keuskupan Sibolga - All Rights Reserved
Keuskupan Sibolga | Membangun Gereja Mandiri, Solider dan Membebaskan.