Headlines News :
Home » » Pastor Rantinus Manalu Hadiri Panggilan Sebagai Tersangka di Poldasu

Pastor Rantinus Manalu Hadiri Panggilan Sebagai Tersangka di Poldasu

Written By Admin on Kamis, 07 Februari 2013 | 10.20

Pst. Rantinus Manalu Pr
Rabu, 6/2/2013, Pastor Rantinus Manalu bersama dua orang rekan seperjuangannya, Ustad Sodiqin Lubis dan Denis Simalango memenuhi panggilan Reskrimum Poldasu untuk diperiksa sebagai tersangka sehubungan dengan pengaduan Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng), Raja Bonaran Situmeang S.H, M.Hum.

Ketika dihubungi oleh Warta Keuskupan Sibolga, salah seorang di antara mereka, Denis Simalango, menerangkan bahwa pada tanggal 17 September 2012 Bupati Tapteng mengadukan Pastor Rantinus Manalu Cs ke Poldasu dengan tuduhan bahwa ketiganya telah sengaja merusak kehormatan dengan tulisan terhadap nama baik seorang pejabat negara, dengan jalan menuduh dia melakukan perbuatan dengan maksud yang nyata akan tersiarnya tuduhan sebagaimana dimaksud dalam pasal 310 yo pasal 911 yo pasal 92 KUHP. Adapun alat bukti yang digunakan untuk menguatkan tuduhan itu ialah iklan advertorial di Harian Rakyat Tapanuli, tanggal 8 September 2012. Kemudian pada tanggal 2 Februari 2013, ketiga orang yang dikenal sebagai pejuang kemanusiaan di Tapteng itu menerima surat panggilan, langsung sebagai tersangka, tanpa didahului pemeriksaan sebelumnya.

Sementara itu, Vikaris Jenderal Keuskupan Sibolga P. Dominikus Doni Ola Pr, ketika diminta tanggapannya tentang ditetapkannya Pastor Rantinus Cs sebagai tersangka, mengungkapkan bahwa ia sungguh merasakan kesedihan yang mendalam atas kejadian ini.

"Sejauh kami ikuti apa yang selama ini diperjuangkan oleh Pastor Rantinus Manalu bersama dua orang rekan seperjuangannya, Ustad Sodiqin Lubis dan Denis Simalango, masih berada dalam jalur yang benar dan batas-batas yang wajar. Dengan ditetapkannya mereka langsung sebagai tersangka tanpa didahului pemeriksaan sebelumnya, mengindikasikan bahwa alam demokrasi di negeri ini sungguh memprihatinkan. Ini merupakan salah satu upaya pembungkaman terhadap masyarakat. Oleh sebab itu, secara pribadi saya menyampaikan dukungan baik moral maupun spiritual kepada ketiga pejuang kemanusiaan Tapteng ini", imbuhnya. [wks/sbg/02]
Share this article :

3 komentar:

  1. Dukungan pantas dilayangkan kepada mereka yang berjuang. Namun demikian apa sebenarnya tuduhan yang disampaikan kepada mereka bertiga. Kami masyarakat kebanyakan belum tahu duduk perkaranya. Mohon penjelasan sehingga kita bisa mengeri.

    BalasHapus
  2. Silakan dibaca kembali pargraf 2 di atas.

    BalasHapus
  3. sangat memprihatinkan.....sayang sekali saya tdk ada baca media harian rakyat....yang menjadi tuduhan bapak bupati tersebut......sehingga bingung mau bela siapa ni.....utk sementara....saya belum bisa menyatakan sikap pro atau kontra.....bisakah di download isi dari koran itu????

    BalasHapus

 
Dikelola Oleh : Biro KOMSOS
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2009. Keuskupan Sibolga - All Rights Reserved
Keuskupan Sibolga | Membangun Gereja Mandiri, Solider dan Membebaskan.