Headlines News :
Home » » Kardinal Bergoglio memilih nama Paus Francis I

Kardinal Bergoglio memilih nama Paus Francis I

Written By Admin on Kamis, 14 Maret 2013 | 08.25

Paus Francis I merupakan yang pertama dari Amerika Latin dan Ordo Jesuit.
Kardinal Argentina, Jorge Mario Bergoglio, sudah tampil di depan umum di Lapangan Santo Petrus, Vatikan, setelah terpilih sebagai paus yang baru.

Di atas teras yang menghadap ke lapangan, dia meminta agar para umat berdoa baginya. Sorak sorai bergemuruh menyambutnya.

Sebagai paus pertama yang berasal dari Amerika Latin dan dari Ordo Jesuit, dia memilih nama Paus Francis I.

Sejam sebelumnya, asap putih mengepul dari cerobong Gereja Sistine yang menandakan paus baru sudah terpilih.

Paus Francis I yang berusia 76 tahun menggantikan Paus Benekditus XVI yang mengundurkan diri pada 28 Februari lalu dengan alasan tidak cukup kuat lagi untuk memimpin Vatikan.

Dia sudah menelepon Paus Benekditus XVI -yang kini bergelar paus emeritus- dan keduanya direncanakan akan bertemu, seperti disampaikan seorang juru bicara Vatikan.
Dikenal rendah hati

Terpilihnya paus yang baru ini disambut meriah di kawasan Amerika Latin.

"Ini merupakan pemberian besar bagi Amerika Latin. Kami menanti 20 abad. Ada gunanya menanti," tutur Jose Antonio Cruz, seorang pengikut Ordo Fransiskan di ibukota Puerto Rica, San Juan, seperti dikutip kantor berita AP.

Presiden Barack Obama juga sudah menyampaikan salam hangat atas nama rakyat Amerika Serikat atas paus yang baru dipilih dan menyebutnya sebagai 'paus pertama dari Amerika'.

Para wartawan mengatakan terpilihnya Kardinal Bergoglio merupakan kejutan karena dia awalnya tidak termasuk dalam kelompok kecil yang disebut-sebut berpeluang menjadi paus.

Dia dinilai berpandangan konservatif namun dikenal rendah hati. Hampir seluruh karirnya dihabiskan di Argentina dan sering berangkat ke kantor dengan menggunakan bus umum.

Wartawan BBC, Marcia Carmo, di ibukota Argentina, Buenos Aires, mengatakan misa yang dipimpin Kardinal Bergoglio sering memiliki pengaruh di Argentina.

Dia banyak mengangkat persatuan sosial dan secara langsung mengkritik pemerintah yang dianggap tidak memberikan perhatian kepada masyarakat yang terpinggirkan.

Nama yang dia pilih berasal dari Francis of Assisi, seorang santo asal Italia dari abad XIII yang merupakan pelindung hewan dan hidup dalam kemiskinan.

Sumber: http://www.bbc.co.uk
Share this article :

0 komentar:

Tulis Komentar Anda

Gunakan Account Gmail untuk menuliskan komentar anda!

 
Dikelola Oleh : Biro KOMSOS
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2009. Keuskupan Sibolga - All Rights Reserved
Keuskupan Sibolga | Membangun Gereja Mandiri, Solider dan Membebaskan.