Headlines News :
Home » » 84 Orang Anak Menyambut Komuni Pertama

84 Orang Anak Menyambut Komuni Pertama

Written By Admin on Minggu, 02 Juni 2013 | 08.58

Pagi ini (2/6/2013) dalam Misa II, 84 orang anak di Paroki St. Theresia Katedral Sibolga menyambut komuni pertama. Kegembiraan terpancar di wajah mereka. Pakaian warna putih yang mereka kenakan serta lilin bernyala yang mereka pegang di tangan sungguh menunjukkan bahwa hari ini merupakan hari istimewa di dalam kehidupan mereka.

Keistimewaan itu diungkapkan oleh Pastor Paroki Katedral, RD. Samuel Gulö, pada Kata Pengantar Misa.

"Hari Minggu ini adalah Hari Raya Tubuh dan Darah Tuhan. Pada Perjamuan Terakhir Yesus telah bersabda: 'Lakukanlah ini untuk mengenangkan Daku'. Sejak itu setiap kali kita merayakan Ekaristi, kita mengenangkan Kristus yang memberikan hidup bagi keselamatan kita. Bila kita makan TubuhNya dan minum DarahNya, kita ikut serta dalam hidup, wafat dan kebangkitanNya. Karena Roti itu sama, satu, maka kita bersama-sama merupakan satu tubuh. Dengan makan Roti Kehidupan dan minum Darah Keselamatan, kita kenangkan dengan rasa syukur bahwa Yesus telah mengurbankan diriNya seutuhnya bagi kita. Kita turut bergembira bersama 84 orang Sambut Baru. Peristiwa ini sangat penting bagi mereka, sebab mereka akan digabungkan dengan Kristus dan segenap umat".

Sementara itu dalam khotbahnya, pastor Gulö menegaskan bahwa kebutuhan dasariah manusia adalah makanan dan minuman. Manusia tidak bisa hidup tanpa makan dan minum. Hal lain boleh tidak ada, tetapi makanan dan minuman mesti ada agar manusia bisa hidup.

Inilah yang diberikan oleh Yesus kepada kita, katanya. Yesus memberikan makanan dan minuman rohani kepada kita agar kita memperoleh kehidupan yang kekal. Karena itu setiap kali kita menyambut Tubuh dan DarahNya, umat beriman diingatkan akan karya keselamatan yang dilakukan Allah bagi manusia di dalam diri Kristus.

Menyapa anak-anak Sambut Pertama, pastor paroki mengatakan bahwa hari ini merupakan hari bersejarah dalam hidup mereka. Anak-anak ini menyambut Tubuh dan Darah Kristus untuk pertama kalinya. Dengan menyambut Tubuh dan Darah Kristus sendiri, kita dipersatukan secara konkrit dengan Kristus sendiri.

Ia pun berpesan agar seluruh umat beriman, terlebih anak-anak Sambut Pertama, semakin rajin mengikuti Perayaan Ekaristi.

"Di gereja ini, setiap hari selalu ada Perayaan Ekaristi. Mari memanfaatkan kesempatan berahmat itu untuk bertemu dengan Tuhan dan menyambut Tubuh dan DarahNya", imbuhnya.

Dengan menyambut Tubuh dan Darah Kristus berarti umat beriman mesti menghidupi nilai-nilai kebaikan dan mewujudkannya di dalam kehidupan sehari-hari. Karena itu diharapkan bahwa anak-anak Sambut Pertama dapat menunjukkan perubahan yang lebih baik di dalam hidup sehari-hari. [WKS/SBG/01]
Share this article :

1 komentar:

  1. semoga di sana umat katolik bertambah terus setiap tahun....Tuhan memberkati.

    BalasHapus

 
Dikelola Oleh : Biro KOMSOS
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2009. Keuskupan Sibolga - All Rights Reserved
Keuskupan Sibolga | Membangun Gereja Mandiri, Solider dan Membebaskan.