Headlines News :
Home » » Kunjungan Paus Fransiskus ke Pulau Lampedusa, Italia

Kunjungan Paus Fransiskus ke Pulau Lampedusa, Italia

Written By Admin on Senin, 08 Juli 2013 | 21.43

Paus Fransiskus hari ini, 8 Juli, telah berkunjung ke Pulau Lampedusa, Italia, sebuah perbatasan antara benua Afrika dengan Eropa. Di pulau inilah ribuan pengungsi dari Afrika tanpa ijin masuk berlabuh mencari asilum (perlindungan) dan sebagai pendatang untuk mencari kehidupan yang lebih baik. Seringkali kematian menjumpai mereka sebelum mendarat di pulau ini.
Seringkali pula pihak Kepolisian Maritim Italia menolong mereka dari bahaya laut. Mereka menjalankan tugas untuk berpatroli menjaga keamanan kesatuan wilayah Italia, tetapi juga tidak sampai hati untuk tidak sigap menolong para pengungsi.

Gereja Katolik dan warga sipil di Lampedusa juga sigap memberikan bantuan material dan rohani kepada para pengungsi ini. Mereka ditempatkan di sebuah gedung Pusat Penerimaan para pengungsi dan di sana diberikan pertolongan.

Lampedusa, Italia adalah sebuah contoh solidaritas dan amal kasih kepada kaum pengungsi dari Afrika yang setengah beragama Kristen, setengahnya Muslim, banyak berasal dari Eritrea, wanita dan orang muda. Mereka berdatangan ke Eropa melalui Lampedusa mencari kehidupan yang lebih baik....meski terkadang kematian di laut lebih dahulu menjumpai mereka.... Solidaritas dan amal kasih dari warga Lampedusa, Italia adalah contoh bagi semua orang untuk siap menerima, merangkul saudara-saudari para pengungsi. Oleh karena itu, Bapa Suci hari ini menyempatkan datang untuk menabur bunga mengenang para pengungsi yang mati akibat kecelakaan di laut, dan untuk mengucapkan rasa syukur kepada Tuhan atas banyaknya jiwa dan hati yang penuh kasih dari warga Italia di Lampedusa kepada para pengungsi.

Paus Fransiskus juga mengucapkan selamat memasuki bulan Ramadhan kepada saudara-saudari pengungsi  Muslim dan ia berkata: "Gereja Katolik juga selalu mencari solusi yang terbaik bagi kalian".
Kita tahu bahwa Gereja adalah milik semua orang yang percaya akan Kasih Allah.

Paus di dalam Homili Misa hari ini terus mengingatkan kepada umat sebuah panggilan dari Tuhan kepada Adam yang bersembunyi setelah Dosa Asal: "Adam, dimanakah engkau?"...Kemudian kepada Kain setelah membunuh Habil: "Kain, dimanakah saudaramu?"..."Di manakah darah saudaramu yang berteriak sampai ke telingaKu?"
Kita dipanggil untuk menjadi sebuah kenyataan kecil seperti Lampedusa tetapi yang besar dalam solidaritas dan amal kasih.

Veni Sancte Spiritus Veni per Mariam. [Shirley Hadisandjaja]
====
Sumber: Milis Forum ISKA
Share this article :
 
Dikelola Oleh : Biro KOMSOS
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2009. Keuskupan Sibolga - All Rights Reserved
Keuskupan Sibolga | Membangun Gereja Mandiri, Solider dan Membebaskan.