Headlines News :
Home » » Peluncuran Ensiklik Pertama Paus Fransiskus Bersama Benediktus XVI: LUMEN FIDEI

Peluncuran Ensiklik Pertama Paus Fransiskus Bersama Benediktus XVI: LUMEN FIDEI

Written By Admin on Jumat, 05 Juli 2013 | 11.24

Kota Vatikan, 5 Juli 2013.
Hari ini, 5 Juli2013, seluruh umat Kristen terutama di dalam Gereja Katolik kembali mengalamisebuah kejadian unik dan bersejarah. Vatikan telah meluncurkan sebuah Ensiklikpertama dari Paus Fransiskus yang sebagian besar sebelumnya telah dikerjakanjuga oleh Benediktus XVI. Ensiklik itu berjudul: LUMEN FIDEI (TerangIman).


Keseluruhan naskah di dalam bahasa Inggris dapat dibaca di:

http://www.vatican.va/holy_father/francesco/encyclicals/documents/papa-francesco_20130629_enciclica-lumen-fidei_en.html

Di dalam naskah dari PausBergoglio dan Ratzinger, keduanya kembali memfokuskan kepada tema Keluarga yang dibentuk atas dasar pernikahan, yaitu sebagai persatuan yang stabil antara seorang pria dan seorang wanita. Keluarga, yang disebut di dalam ensiklik, lahirdari pengakuan dan penerimaan akan kebaikan dari perbedaan jenis kelamin dan dibentukatas dasar cinta di dalam Kristus, yang menjanjikan “cinta yang kekal” dan mengenalicinta yang menciptakan dan menghasilkan keturunan. Paus Fransiskus mengatakan, “Iman bukanmerupakan sebuah tempat pengungsian bagi orang-orang yang penakut, tetapimerupakan perluasan dari hidup“. Menurut Paus Fransiskus, iman menerangi jugasemua hubungan sosial dengan memberikan sebuah pemahaman baru ataskebersaudaraan yang universal diantara manusia, yang bukan hanya menyangkutpersamaan hak, tetapi terlebih pengalaman akan kebapaan Allah, penghormatan atas martabat yang unik darisetiap pribadi manusia.

Perjumpaan baru antara Paus Fransiskus dan Benediktus XVI

Sementara itu, pada pagi haritadi, bertempat di Halaman Vatikan, Paus Fransiskus telah mengkonsakrasikanKota Vatikan kepada Santo Yoseph dan kepada Santo Mikael Malaikat Agung, iajuga telah memberkati sebuah patung yang didedikasikan kepada Malaikat AgungTuhan penakluk Iblis itu. Dan di sana hadir pula Benediktus XVI yang telahmenyetujui proyek tersebut beberapa waktu yang lalu. Paus Fransiskus danBenediktus XVI kembali berjumpa dan saling berpelukan dengan kasih persaudaraandan mereka terus berdekatan satu sama lain selama upacara tersebut. Di dalamkonsakrasi, Paus Fransiskus telah mempercayakan kepada Santo Yoseph segalapenantian dan pengharapan dari Gereja dan ia telah berdoa memohon kepadaMalaikat Agung Mikael untuk menjaga dan melindungi Tahta Apostolik, untukmembela Gereja dari setiap kebisingan yang mengancam ketenangan dan untukmenjadikan setiap orang menang melawan godaan kekuasaan, kekayaan dan sensualitas. [ShirleyHadisandjaja]
=============
Sumber: Pondok Renungan
Share this article :
 
Dikelola Oleh : Biro KOMSOS
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2009. Keuskupan Sibolga - All Rights Reserved
Keuskupan Sibolga | Membangun Gereja Mandiri, Solider dan Membebaskan.