Headlines News :
Home » , » Pelatihan Fasilitator Musyawarah Pastoral Dekanat Nias

Pelatihan Fasilitator Musyawarah Pastoral Dekanat Nias

Written By Admin on Sabtu, 26 Juli 2014 | 21.22

RD. Dominikus Doni Ola
Dalam Evaluasi 5 Tahunan dan Sinode II KS, telah disepakati bahwa proses evaluasi dan perencanaan dilakukan bertingkat mulai dari tingkat stasi, paroki dan keuskupan. Musyawarah Pastoral (MUSPAS) tingkat stasi dan paroki akan difasilitasi oleh para petugas pastoral di masing-masing paroki sehingga dibutuhkan pelatihan fasilitator.” Demikian disampaikan oleh Direktur PUSPAS, P. Doni Ola, Pr pada saat pembukaan Pelatihan Fasilitator MUSPAS Dekanat Nias.

Pelatihan ini dilaksanakan di Ruper Laverna yang dibagi dalam dua gelombang. Gelombang pertama berlangsung pada tanggal 18-24 Juli 2014 yang diikuti oleh 8 paroki ditambah dengan sebagian Komisi, Biro, Lembaga yang ada di wilayah Nias dengan jumlah peserta sebanyak 46 orang, terdiri dari: Imam 18 orang dan awam 28 orang. Gelombang kedua berlangsung pada tanggal 20-26 Juli 2014 yang diikuti oleh 7 paroki dan sebagian Kobilem. Jumlah pesrta sebanyak 36 orang, terdiri dari: Imam 15 orang dan awam 21 orang. Kedua pelatihan ini difasilitasi oleh dua orang konsultan yakni P. Hubert Hasulie, SVD dari Puslit Candraditya dan P. Lukas Jua, SVD, ahli Kitab Suci dari STF Ledalero.

Materi Pelatihan ini pada dasarnya adalah proses mempelajari wawasan dan keterampilan tentang metodologi pastoral KS yang sudah dikembangkan sejak Sinode I tahun 2009 yang lalu. Materi pelatihan dibagi dalam 4 tahap, mulai dari evaluasi, analisis sosial, refleksi biblis, dan terakhir perencanaan strategis.

Walaupun pelatihan ini dilaksanakan selama 6 hari penuh dan menguras tenaga, pada umumnya peserta tetap antusias dan setia mengikuti proses yang berlangsung mulai dari awal hingga akhir. Peserta mengakui bahwa materi kali ini cukup menarik terlebih-lebih refleksi biblis yang selama ini sering kali “ditinggalkan” pada saat berlangsung evaperta di paroki, tetapi kali ini diulas dengan cukup menarik oleh P. Lukas Jua, SVD. Para peserta berharap bahwa apa yang diterima pada pelatihan kali ini dapat dilaksanakan pada saat terjun ke stasi atau pun di paroki.

[Reported by: Pius A. Telaumbanua]
Share this article :

0 komentar:

Tulis Komentar Anda

Gunakan Account Gmail untuk menuliskan komentar anda!

 
Dikelola Oleh : Biro KOMSOS
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2009. Keuskupan Sibolga - All Rights Reserved
Keuskupan Sibolga | Membangun Gereja Mandiri, Solider dan Membebaskan.