Retret KSK St. Thomas Aquino Sibolga

Jumat-Sabtu, tanggal 25-26 Oktober 2019, Keluarga Siswa Katolik (KSK) St. Thomas Aquino Sibolga mengadakan kegiatan retret bersama yang bertempat di (Rumah Pembinaan Iman) PBI St. Antonius Mela-Sibolga. Kegiatan retret ini diikuti oleh 50 orang siswa-siswi KSK SMAN 1 Sibolga dengan guru pendamping Lukas Ismanto Manalu S.Ag, dan Sarmiani Damanik S.Pd. Kegiatan retret ini diangkat dengan tema “WHO AM I?”.

Kegiatan dibuka pada Jumat sore pukul 16.00 WIB oleh Diakon Antonius Sihotang OFMCap bersama Frater Pius Silaban OFMCap yang diawali dengan penjelasan akan tujuan dari kegiatan retret ini. Kemudian kegiatan ini dilanjutkan dengan pembagian kamar, pembagian kelompok, dan mamiri (makan minum ringan).

Setelah itu, dilanjutkan dengan pemberian materi sesi 1 yang dibawakan oleh Diakon Antonius Sihotang OFMCap dengan tema “WHO AM I?”. Diakon Anton mengajak seluruh KSK untuk lebih mengenali diri lebih dalam, memahami dan mengembangkan talenta yang telah diberikan Tuhan. Mengenal jati diri sendiri akan menjadikan kita lebih tahu diri. Berakhir sesi 1, kemudian dilanjutkan dengan makan malam bersama. Setelah itu, dilanjutkan dengan pemberian materi sesi 2 mengenai virus-virus dalam diri yang masih dibawakan oleh Diakon Antonius Sihotang OFMCap. Sekitar pukul 21.30 WIB, KSK berdoa bersama di Kapel. Satu-persatu KSK berdoa di depan Sakramen Mahakudus dalam keheningan dan ketenangan. Pada pukul 22.30 WIB, KSK menuju ke kamar masing-masing untuk beristirahat.

Sabtu, pukul 5 pagi kegiatan retret diawali dengan meditasi di depan Gua Maria. KSK siap memulai semangat baru di pagi hari ditambah dengan pesona keindahan alam ciptaan Tuhan. Pada pukul 06.00 WIB, semua KSK menuju Kapel untuk Perayaan Ekaristi Kudus yang dipersembahkan oleh Pastor Michael Angelus Aritonang OFMCap bersama Diakon Antonius Sihotang OFMCap. Dalam misa, Pastor Michael berpesan “Jadilah berkat bagi orang lain, jadilah pohon yang berbuah dan jangan menjadi parasit seperti benalu di dahan pohon”. Setelah itu, KSK dibekali dengan kegiatan outbond hingga mandi laut di pantai Kuta.

Kegiatan retret berakhir dengan makan siang bersama dan foto bersama. Dalam setiap kegiatan selalu diawali dan diakhiri dengan doa. Diharapkan melalui kegiatan retret ini, KSK dapat menemukan jati diri, mengenali diri dan menjadi berkat bagi semua orang. [Destriwati Limbong]

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Partisipasi Anda dalam kolom komentar.

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget