Promulgasi Paroki St. Petrus Sirombu dan Paroki Salib Suci Mandrehe, Dekanat Nias Minggu, 8 Oktober 2023

Dok. Komsos


Perjalanan terasa amat panjang dan melelahkan, padahal jarak dari Gunungsitoli ke Sirombu hanya 75 km saja. Maklumlah, banyak badan jalan yang longsor dan rusak parah sehingga harus hati-hati mengemudikan mobil. Akhirnya, Sabtu sore tanggal 7 Oktober, rombongan Mgr. Frans tiba di pastoran Sirombu. Suara deburan ombak Samudra Hindia seolah menyambut kami. Kedatangan Mgr. Fransiskus ke Sirombu seperti reuni mengingat 24 tahun lalu, beliau menjalani TOP di Sirombu.

Sejenak setelah beristirahat, Panitia memohon kepada Bapa Uskup untuk beranjak ke aula pastoran. Sore itu diadakan ibadat pemberkatan pastoran, benda-benda rohani, dan penyerahan 2 stasi (stasi Maria Ratu Damai Mandrehe dan St. Petrus Sirombu) untuk dijadikan pusat kedua paroki yang besok akan dipromulgasikan.

Keesokan harinya, Minggu, 8 Oktober 2023 diadakan misa meriah Penetapan dua Paroki, yaitu Paroki St. Petrus, Sirombu dan Paroki Salib Suci, Mandrehe. Keduanya di Nias Barat. Tenda terpasang dan kursi-kursi tersusun rapi. Lebih dari 2000 umat, utusan dari 68 stasi menyaksikan peristiwa bersejarah tersebut. Hadir pula Bapak Bupati Nias Barat Bpk. Khenoki Waruwu dan Dandim 0213 Nias Bpk. Letkol Inf. Torang Malau. Kebetulan Pak Dandim beragama Katolik.

Dok.Komsos



Pada perayaan tersebut diadakan upacara pembukaan selubung kedua paroki dan penandatanganan prasasti oleh Bapa Uskup Mgr. Fransiskus dan Bupati Khenoki Waruwu.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Vikep THB Pst. Ignatius Purwo OSC dan Vikep Pastoralis RD. Bartolomeus Sihite juga para pastor yang lain. Tamu istimewa dari Bandung yaitu Propinsial OSC Pst. Agustinus Agung Rianto OSC, Kustos Kapusin Nias Pst. Pius Nduru OFMCap, para suster asal paroki Nias Barat dan Pak Johan, pemerhati paroki di Nias Barat.

Semoga dengan penetapan (promulgasi) kedua paroki ini dimana Pst. Petrus Umar OSC dan Pst. Markus OSC ditetapkan sebagai parochus di Sirombu dan Mandrehe, pelayanan menjadi semakin intensif dan umat semakin terlayani dengan baik. Proviciat untuk Paroki Sirombu dan Paroki Mandrehe. Tuhan Yesus Memberkati. [Pst. Ignatius Purwo OSC]

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Partisipasi Anda dalam kolom komentar.

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget