Gereja Keuskupan Sibolga Mengadakan MusPas

 


Dokumen Komsos


Gereja Keuskupan Sibolga sedang melaksanakan Musyawarah Pastoral (MusPas) (21-23/11). Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari ini dilaksanakan di Rumah Pembinaan Rohani St. Leopoldo Laverna-Gunungsitoli. Dalam kegiatan inilah para petugas pastoral melihat pemaparan setiap program kerjanya dan melakukan evaluasi yang diperlukan.

Kegiatan ini merupakan langkah konkret Gereja Keuskupan Sibolga untuk mewujudkan gerak Gereja Universal yaitu berjalan bersama. Semua petugas pastoral yang ada, terlibat langsung di dalamnya. Petugas pastoral yang dimaksud ialah Para pastor dan katekis atau sekretaris yang bekerja di Paroki dan juga para pastor atau awam yang bekerja di Komisi, Biro dan Lembaga yang berada di bawah naungan Gereja Keuskupan Sibolga.

Dokumen Komsos


Kegiatan Muspas diawali dengan Ibadat Pembukaan dengan metode AsIPA, yakni syering Injil 7 langkah. Meskipun demikian, ibadat pembukaan berakhir pada langkah yang ke-5, yakni doa permohonan dan berkat penutup.

Dokumen Komsos


Selanjutnya, diadakan pembukaan resmi kegiatan MusPas oleh Mgr. Fransiskus Tuaman Sasfo Sinaga. Dalam kata-kata pembukaannya, Bapa Uskup Frans mengapresiasi kehadiran para petugas pastoral. Beliau juga mengajak para petugas pastoral untuk memberikan perhatian dengan baik selama kegiatan muspas berlangsung.

Setelah itu, dilanjutkan dengan pemaparan hasil MusPas yang dilaksanakan di Paroki-paroki. Pada sesi ini, para peserta diminta untuk memberikan respon berupa pertanyaan dan juga masukan atas hasil MusPas yang sudah dipaparkan.

Seusai makan malam, kegiatan MusPas berlanjut dengan topik “Laporan Perkembangan Komunitas Basis Gerejawi (KBG)”. Topik ini dibawakan oleh RD. Bartolomeus Sihite selaku Direktur Pusat Pastoral Keuskupan Sibolga.

Kegiatan MusPas di hari pertama ini berkahir dengan doa malam dan akan berlanjut pada keesokan harinya yang diawali dengan Perayaan Ekaristi pagi bersama. Kita dukung MusPas Gereja kita untuk membantu kita mencapai Gereja yang Mandiri, Solider dan Membebaskan.



Posting Komentar

Terima Kasih Atas Partisipasi Anda dalam kolom komentar.

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget