Pelatihan Signis Indonesia Regio Sumatera di Padang

Dok. Komsos
 


Sebagai bagian dari media pers Katolik yang diakui oleh Vatican, Signis Indonesia Regio Sumatera menghendaki adanya profesionalitas dalam mewarta dalam media. Berangkat dari berbagai media  yang sudah dimiliki dan untuk diolah secara lebih baik, Signis Regio Sumatera mengadakan pelatihan bersama yang berlangsung selama 3 hari di Padang (7-9 November 2023).

Pelatihan diikuti oleh seluruh anggota Signis Indonesia Regio Sumatera. Mereka adalah pengurus Komisi Komunikasi Sosial dari ke-6 Keuskupan, para pengurus radio yang bernaung di bawah Keuskupan dan Radio Maria Indonesia.

Pelatihan bersama yang berlangsung di Rumah Retret Katedral Padang tersebut mengambil tema Manajemen Media Cetak dan Online. Harapan dari pelatihan tersebut ialah masing-masing Komisi mampu mengambil keputusan untuk memilih majalah cetak atau majalah online atau kedua bentuk tersebut.

Untuk membantu pengambilan keputusan tersebut, panitia pelatihan bekerja sama dengan pengurus Signis Indonesia mendatangkan tiga orang narasumber. Mereka adalah Bapak Hasiholan Siagian yang sehari-hari bekerja di Majalah Hidup dan website Hidup.com, ibu Bernadetta Widiandayani yang merupakan wakil ketua Signis Indonesia dan RP. Frans de Sales, SCJ, ketua Komsos Keuskupan Agung Palembang.

Ibu Widi memaparkan profil Majalah-majalah yang dikelola oleh Komisi Komsos Keuskupan. Pemaparan tersebut meliputi Perancangan Tema, Distributor, Kontributor, keterlibatan orang  Muda, biaya produksi dan jumlah oplah cetak setiap kali dicetak. Selain itu, ibu Widi juga membantu para peserta untuk melihat ketertarikan umat terhadap majalah dengan dua pertanyaan: apakah umat masih membutuhkan majalah dan mengapa umat masih membutuhkannya.

Selanjutnya, bapak Hasiholan memparkan tentang manajemen media, keredaksian serta bisnis marketing. Pemaparan materi tersebut dikemas dalam bentuk diskusi yang dibagi ke dalam keuskupan masing-masing. Materi tersebut membantu para peserta untuk professional dalam menangani majalah dan media-media lainnya yang dikelola. Sementara itu, Romo Frans memberi pelatihan pembuatan konten yang layak jual.

Selamat buat Signis Indonesia Regio Sumatera atas pelatihannya. Semoga sepulang dari pelatihan tersebut, para pekerja Komsos dan Radio mampu menjawab kebutuhan umat dalam media pewartaan yang dikelola.


Posting Komentar

Terima Kasih Atas Partisipasi Anda dalam kolom komentar.

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget