Non Multa Sed Multum

NON MULTA SED MULTUM

Oleh: Rm. Adytia Peranginangin OCarm 

Dokumentasi Rm. Adytia Peranginangin OCarm 


Sabtu, 06 Juli 2024

Pekan Biasa XIII/B

Mat 9:14-17

 

Hari Jumat adalah hari gotong royong di paroki. Ada banyak sukacita dalam kebersamaan, meskipun kerap yang hadir sedikit. Namun gerakan konsisten dan terus menerus ini bukanlah sesuatu yang sia-sia.  Ungkapan Bahasa Latin mengatakan: “Non multa sed multum”, yang artinya kurang lebih: bukan banyaknya/quantity-nya, tetapi totalitas/totality-nya yang penting. Totalitas membutuhkan sebuah keyakinan dan keyakinan inilah yang akang menjadi faktor pengubah segalanya.  

Dalam injil hari ini, Yesus mengumpamakan hal lama dengan kain lama dan ajaran-Nya sebagai kain yang baru (Matius 9:16). Ajaran-Nya bagaikan anggur yang baru yang tidak bisa disimpan dalam kantong kulit yang lama (Matius 9:17). 

Saudara-saudari terkasih, 

Dunia yang luas ini menjadi sempit dikarenakan: peperangan yang membentuk pengkotakan-pengkotakan antara negara. Berita yang sangat banyak yg kita terima di media sosial justru membuat kesulitan menerima berita yang kredibel. Pun demikian gelar dan pendidikan yang banyak belum menjamin kualitas pribadi yang sehat dan wajar.  Kantong anggur kita sudah tua dan hampir pecah; pakaian kita sudah terkoyak. Dia memberi kita anggur darah-Nya, memperbarui kantong kita, dan membungkus kita dengan kebenaran-Nya.  Tantangan hidup saat ini makin kompleks dibutuhkan kesatuan hidup dengan Kristus senantiasa. Untuk melihat yang benar dengan bijaksana. 

Tuhan memberkati🙏

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Partisipasi Anda dalam kolom komentar.

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget