Penampakan: Renungan Pesta St. Thomas Rasul

Dokumentasi Rm. Adytia OCarm 

 

Rabu, 03 Juli 2024

Pesta St Thomas Rasul

Yoh 20:24-29

Kemesraan suami istri yg mengantar anak ke sekolah menjadi bahan perbincangan ibu-ibu lain. Krn sudah sebulan lebih, si suamilah yg selalu buka pintu buat sang istri dan anak-anak. Maka mereka pun mendekati si ibu minta resep apa agar mesra selalu. Si ibu langsung menjawab ketus: “ini semua terjadi sejak sebulan lalu krn suami saya malas memperbaiki pintu mobil shg harus dibuka dari luar.”

Ternyata apa yg dipandang mata belum tentu menjadi sebuah kebenaran. 

Hari ini Gereja merayakan Pesta St Thomas Rasul yang terkenal dengan pernyataannya: “sebelum aku melihat .. dan mencucukkan tanganku pada bekas paku tangannya … aku sama sekali tidak percaya!” Ketidak percayaan tidak selalu buruk karena sering ini menjadi gerbang pemurnian untuk mengimani Yesus lebih utuh seperti pengalaman rasul Thomas. 

Saudara-saudari, terkasih,

Filsuf Rene Descartes pada akhir abad pertengahan mengatakan bahwa landasan filsafat ialah akal (rasio) serta tetap berpegang teguh terhadap Tuhan. Ia menolak argument beberapa tokoh yang beranggapan bahwa pengalaman inderawi merupakan hakikat atas segala pengetahuan. Bersama Rasul Thomas kita menghayati iman secara jujur dan siap diubah oleh-Nya. 

Tuhan memberkati🙏

(Ditulis oleh Rm Adytia OCarm, Pastor Paroki St Yohanes Penginjil Pinangsori)

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Partisipasi Anda dalam kolom komentar.

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget