Dikenal dari Pikiran, Sikap dan Perbuatan yang Baik

Gambar diambil dari grid.id


IIRaj. 22:8-13; 23:1-3; Mat. 7:15-20

Rabu, 26 Juni 2024

Sabda Tuhan hari ini mengajak kita menyadari penting dikenal melalui pikiran, sikap, dan perbuatan kita yang baik. Dalam bacaan pertama kita mendengar kisah Raja Yosia menemukan kembali Kitab Taurat di rumah Tuhan. Ketika dia mendengar isinya, dia merobek pakaiannya sebagai tanda penyesalan dan pertobatan. Yosia kemudian memimpin rakyatnya untuk memperbarui perjanjian mereka dengan Tuhan, berjanji untuk mengikuti segala perintah Tuhan dengan sepenuh hati dan jiwa.

Raja Yosia dikenal karena benar dan setia pada Tuhan, sikap penyesalan dan pertobatannya, serta perbuatannya yang membawa pembaruan bagi seluruh bangsa. Dia pemimpin yang setia pada Tuhan dan komit melakukan yang benar.

Yesus memberikan peringatan tentang nabi-nabi palsu yang berlaku seperti domba, tapi berhati serigala buas. Yesus berkata bahwa kita mengenal mereka dari buahnya, yaitu dari apa yang mereka lakukan. "Demikianlah tiap-tiap pohon yang baik menghasilkan buah yang baik, sedang pohon yang tidak baik menghasilkan buah yang tidak baik.”

Bagi Yesus identitas sejati seseorang bukan hanya dari kata-kata atau penampilannya, tapi juga dari tindakan dan perilakunya. Kita dikenal dari buah yang kita hasilkan, dari bagaimana kita berpikir, bersikap, dan bertindak. Buah yang baik berasal dari hati yang baik, pikiran yang murni, dan niat yang tulus.

Sebagai pengikut Kristus, kita dipanggil untuk menghasilkan buah yang baik, pikiran dibalut kebijaksanaan dan kebenaran firman Tuhan, sikap mencerminkan kasih dan kerendahan hati, serta perbuatan lahir dari rasa keadilan dan kebaikan.

Maka mari kita selalu berusaha untuk: 

Berpikir positif: Pikiran yang baik akan mempengaruhi sikap dan tindakan kita. Bersikap rendah hati penuh kasih: yang tampak melalui ramah, sabar, dan pengertian. Bertindak dengan integritas dan keadilan: yang tampak melalui jujur, adil, dan berbelas kasih sebagai murid-murid Kristus yang setia. Semoga Tuhan menolong kita. Amin.

(Ditulis oleh Rm. Wilfridus Vinsen Sarah, Pr)

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Partisipasi Anda dalam kolom komentar.

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget