Rapat Tahunan Signis Indonesia ke-50 di Ruteng

 

Dokumentasi Komsos Sibolga 

Asosiasi pers media Katolik Romo yang ada di Indonesia atau Signis Indonesia kembali mengadakan Rapat Tahunan Anggota (24-28 Juni 2024). Tahun ini rapat diadakan di Keuskupan Ruteng dan merupakan rapat yang ke-50 sejak tahun 1974 yang lalu. Dengan diadakannya di Keuskupan Ruteng, maka Komisi Komunikasi Sosial Keuskupan Ruteng menjadi panitia pelaksana untuk kesuksesan kegiatan tersebut. Lokasi kegiatan berada di Rumah Ret-ret Maria Bunda Karmel Wae Lengkas.


Rapat tahunan dibuka dengan Perayaan Ekaristi bersama di Kapel Santa Maria Bunda Karmel. Perayaan Ekaristi dipimpin langsung oleh Mgr. Kornelius Sipayung OFM Cap yang juga merupakan Ketua Komisi Komunikasi Sosial Konferensi Waligereja Indonesia (Komsos KWI).

Dokumentasi Komsos Sibolga 



Seusai Perayaan Ekaristi, kegiatan berlanjut dengan kegiatan penyambutan peserta Signis Indonesia. Penyambutan dilaksanakan secara adat Ruteng.


Dalam penyambutan itu, Bapa Uskup Kornel dan Presiden Signis Indonesia, RD Antonius G Lalu atau yang sering dipanggil Romo Steven menerima Sopi dan ayam putih. Setelah itu, bapa Uskup dan Romo Steven beserta seluruh peserta Signis Indonesia menerima pengalungan syal yang bernuansa adat Ruteng.

Dokumentasi Komsos Sibolga 



Keesokan harinya, para peserta Signis berkumpul di aula Bunda Karmel Wae Lengkas untuk mengikuti hari studi bersama. Tema rapat tahunan ini ialah Media dan Pastoral Ekologi Integral: Jalan Bersama Membangun Alam Ciptaan yang Utuh dan Harmonis.


Dalam hari studi ini, Mgr. Kornel menyampaikan keynote Speakernya. Beliau mengajak setiap peserta Signis dan juga pegiat Komsos dari berbagai paroki yang ada di Keuskupan Ruteng untuk melakukan aksi nyata ekologis, yakni dengan menggunakan media untuk memengaruhi banyak orang untuk mencintai ekologi.

Dokumentasi Komsos Sibolga 



Keynote Ketua Komsos KWI tersebut didasarkan pada dua ensiklik dari Paus Fransiskus yakni Laudato Si dan Laudato Deum.


Keynote Bapa Uskup tersebut ditanggapi Romo Steven dengan menceritakan kisah Almarhum Romo Frans de Sales SCJ, Ketua Komsos Keuskupan Agung Palembang yang menggalakkan semangat ekologi dengan menanam sayur. Dari hasil jual sayur tersebut, Komsos Palembang berhasil membeli kamera.


Seusai keynote Speaker dari Bapa Uskup Kornel, hari studi dilanjutkan dengan materi yang disampaikan oleh RD. Stanis Harmansi, Ketua Komisi Kateketik Keuskupan Ruteng dan juga Dosen Kitab Suci Unika St. Paulus Ruteng. Beliau mengambil topik tentang Program Tahun Ekologi Integral Keuskupan Ruteng.

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Partisipasi Anda dalam kolom komentar.

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget