Membangun Hidup di Atas Fondasi Iman dan Kesetiaan

Gambar diambil dari Internet 

 Kamis, 27 Juni 2024

IIRaj. 24:8-17; Mat. 7:21-29

Bacaan pertama mengisahkan kehancuran Yerusalem oleh Kerajaan Babel di bawah pemerintahan Raja Nebukadnezar tahun 586 sM. Israel mengalami kehancuran dan pembuangan. Bait Suci yang dibangun Raja Salomo dihancurkan, dan orang Israel diasingkan ke Babel. Latar belakang kehancuran ini bukan hanya karena kekuatan tentara Babel, melainkan juga karena dosa dan ketidaksetiaan Israel pada Yahwe. Mereka berpaling dari Allah Batu Karang perlindungan mereka.

Yesus dalam Injil, mengajarkan kita tentang kebijaksanaan dan iman. Ia berkata bahwa orang yang bijaksana akan membangun rumahnya di atas batu, sehingga tetap berdiri teguh. Batu melambangkan fondasi iman kuat dan teguh pada Allah. Bagi Yesus hal itu tidak cukup hanya mendengar firmanNya, tapi harus melakukannya dalam hidup.

Maka pesan inti meja Sabda hari ini adalah panggilan untuk tetap setia kepada Tuhan dan membangun hidup di atas fondasi iman yang kokoh. Seperti Israel yang mengalami kehancuran karena berpaling dari Tuhan, kita pun akan mengalami kesulitan jika kita tidak menjadikan Tuhan sebagai pusat hidup.

Mari kita merenungkan sejauh mana kita membangun hidup kita, sambil meneladani St. Sirilus dari Aleksandria, uskup agung dan Bapa Gereja. Dia dikenal sebagai Pujangga Gereja. Kontribusinya bagi Gereja dan umat Kristiani adalah pembelaannya yang teguh terhadap iman dan kebenaran Allah, terutama melawan ajaran sesat Nestorius dan pengikutnya. St. Sirilus menolak ajaran sesat Nestorius dan bersama Konsili menegaskan kesatuan sifat ganda Tuhan Yesus, yaitu manusiawi dan ilahi, serta mengakui Maria sebagai Bunda Allah. St. Sirilus berani menghadapi tantangan dan penganiayaan, bekerja dalam iman hingga akhir hidupnya. Marilah kita terinspirasi oleh iman dan komitmennya, untuk membangun hidup kita di atas fondasi iman. Allah menolong dan memberkati kita. Amin.

(Ditulis oleh Rm. Wilfridus Vinsen Sarah, Pr)

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Partisipasi Anda dalam kolom komentar.

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget