Sadar Diri: Renungan Jumat, 28 Juni 2024

 

Dokumentasi dari Rm. Adytia OCarm 

Jumat, 28 Juni 2024

Peringatan St Ireneus Uskup dan Martir

Mat 8:1-4


Pada suatu hari di RSJ, ada 7 orang gila yang bermain gandengan tangan. Namun setelah itu mereka berdebat mempersoalkan tangan. Sebab mereka tidak lagi mengetahui yang mana tangan mereka. Kemudian datanglah dokter Jiwa mengambil jarum dan menusuk tangan mereka sambil berkata:  “Siapa yg merasa sakit dia berhasil menemukan tangannya.” Akhirnya semua pasien menemukan tangannya kembali, setelah setiap orang gila disadarkan lewat sakit yang dialami pada tangannya. 

Dalam Injil hari ini Mukjizat terjadi ketika seorang yang sakit kusta datang kepada Yesus, lalu sujud menyembah Dia dan berkata: "Tuan, jika Tuan mau, Tuan dapat mentahirkan aku."

Saudara-saudari terkasih, 

Si Kusta bisa sembuh karena SADAR ia sakit. Ada banyak yang tidak sadar kalau dirinya sakit sehingga tidak akan pernah sembuh. Bahkan sering ia melihat semua yang di luar dirinyalah yang sakit. Apakah kita datang ke pada Yesus secara tahu mau dan sadar? Atau hanya karena formalitas belaka? Sehingga tidak menemukan apa-apa? 

Mari datang kepada Tuhan secara tahu mau dan sadar sehingga rahmat-Nya efektif bekerja. 

Tuhan memberkati🙏


Sekilas tentang St. Ireneus

Ireneus (atau Irenæus, Irenaeus; ±130-202M) adalah seorang Kristen mula-mula yang dikenal menjabat sebagai Uskup di Lugdunum, Gallia, (sekarang Lyon/Lyons, Prancis). Ia dihormati sebagai salah satu Bapa gereja perdana dan pakar apologetik Kristen mula-mula. Tulisan-tulisannya sangat kaya akan informasi mengenai perkembangan awal teologi Kristen. Ia merupakan murid (atau "pendengar"; hearer) dari Polikarpus, yang secara tradisional merupakan murid langsung dari Yohanes sang Penginjil, yaitu salah seorang dari Keduabelas Rasul pertama yang menyertai Yesus Kristus.


(Ditulis oleh Rm Adytia Peranginangin OCarm, Pastor Paroki Pinangsori)

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Partisipasi Anda dalam kolom komentar.

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget